Turda Sekaligus TOT Pelatih Pandu Hidayatullah Jawa Timur di Madiun

by admin

MADIUN (www.panduhidayatullah.com) – Pimpinan Wilayah Pandu Hidayatullah Jawa Timur melakukan Tour Daerah (Turda) ke SMP dan MA Darul Madiah Pondok Pesantren Hidayatullah Madiun, Sabtu (27/07/19).

Turda pengurus PW Pandu Hidayatullah Jawa Timur kali ini digelar bersamaan dengan kegiatan TOT (Training Of Trainer) Pandu Hidayatullah yang diikuti oleh seluruh guru SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan MA (Madrasah Aliyah) Darul Madinah Madiun. Walaupun ada beberapa peserta  guru ikhwan, peserta dalam kegiatan tersebut lebih didominasi oleh akhwat. Hal tersebut dikarenakan Pondok Pesantren Darul Madinah merupakan pesantren putri.

Amir selaku kepala MA Darul Madinah dan juga sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa TOT Pandu kali ini sudah direncanakan sejak lama. Mengingat di Madiun ini masih sangat minim instruktur Pandu Hidayatullah yang sudah bersertifikat. Apalagi di Madiun ini merupakan salah satu Pondok Hidayatullah dengan jumlah santri sangat banyak. Sehingga Gerakan Pandu Hidayatullah yang merupakan wadah dan ruh pengkaderan bagi santri Hidayatullah wajib hidup, aktif dan mampu mewarnai seluruh aktivitas semua santri.

Kami sudah lama ingin mengadakan TOT Pandu ini, karena di Madiun sendiri masih minim instruktur Pandu yang bersertifikat. Kami juga sadar bahwa Pandu Hidayatullah adalah ruh dan wadah pengkaderan bagi santri Hidayatullah sehingga mau tidak mau di Madiun ini Pandu wajib hidup, aktif dan mampu mewarnai seluruh aktivitas santri. ”.Ujar Kepala MA Darul Madinah tersebut.

Kegiatan TOT ini dibagi menjadi dua sesi yaitu lapangan dan ruangan. Kegiatan lapangan diawali dengan senam pagi dan yel yel penyemangat. Kemudian dilanjutkan dengan apel pagi yang diikuti oleh seluruh peserta. Sesi kedua kegiatan beralih ke ruangan dengan materi pengenalan Gerakan Pandu Hidayatullah dan sharing terkait kondisi Pandu Hidayatullah di SMP dan MA Darul Madinah Madiun. Diakhir acara, peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktik kerja nyata untuk mengkonsep program Pandu Hidayatullah selama 1 semester kedepan. Mulai dari program pekanan, bulanan, triwulan sampai enam bulanan atau satu semester. Hasil dari kerja kelompok tersebut dipresentasikan dan ditanggapi oleh pemateri.

Alim Puspianto selaku komandan Pandu Hidayatullah Jawa Timur menyebutkan, dengan diadakannya TOT kilat tersebut harapannya kegiatan Pandu Hidayatullah di SMP dan MA Darul Madinah akan lebih aktif dan tambah semarak. Melalui momen TURDA ini, pengurus Pandu Hidayatullah Jatim juga memanfaatkannya untuk mengecek persiapan  SMP dan MA Darul Madinah Madiun dalam menyambut dan mensukseskan hajatan besar Jambore Nasinal II Pandu Hidayatullah yang akan dilaksanakan pada tanggal 25- 29 September 2019.

Setelah diadakan TOT kilat ini, semoga kedepannya kegiatan Pandu Hidayatullah di SMP dan MA Darul Madinah bisa lebih hidup dan tambah semarak. Di momen TURDA Ini juga kami sekalian mengecek persiapan SMP dan MA untuk mengikuti dan mensukseskan Jambore Nasional di bulan September tahun ini”. Tuturnya.

Dirinya menambahkan, pasca kegiatan TOT ini akan ada pendampingan dan materi pemantapan bagi para instruktur atau komandan Pandu di SMP dan MA Darul Madinah Madiun ini.

Tidak berhenti disini, pasca kegiatan ini nantinya akan ada pendampingan dan materi pemantapan bagi para instruktur”. Tambahnya.

Setelah acara TOT di Madiun selesai, rombongan pengurus PW Pandu Hidayatullah Jawa Timur melanjutkan kunjungan ke Ngawi dan Bojonegoro. Sang Pejuang

Related Articles

Leave a Comment

Pandu Hidayatullah, Lurus Aqidahnya, Mulia Akhlaknya.
Pandu Hidayatullah, Lurus Aqidahnya, Mulia Akhlaknya.