7 Karakteristik Pemimpin Ideal (Habis)

by admin

Karakteristik ideal seperti apa yang mesti dimiliki seorang pemimpin? Setidaknya ada 7 karakter paling penting yang harus dimiliki oleh pemimpin dalam menjalankan roda organisasinya. Berikut ini adalah kelanjutan dari artikel 7 karakterteris pemimpin ideal.

7 Karakterisitik Pemimpin Ideal

7 Karakterisitik Pemimpin Ideal

Ke-empat, Bertanggung jawab

Selain jujur, cerdas dan dapat dipercaya, seorang pemimpin yang ideal tentunya perlu memiliki sifat bertanggung jawab. Bertanggung jawab berarti siap untuk menanggung efek dari segala keputusan yang diambilnya. Pemimpin yang bertanggung jawab adalah pemimpin yang tetap teguh dan mampu berfikir jenih untuk menerima segala resiko yang timbul dari keputusan yang diambil.

Tentunya sebelum mengambil sebuah keputusan seorang pemimpin sudah mempertimbangkannya masak masak. Ia tidak hanya berpikir tentang hasil tapi aspek aspek yang kemungkinan terjadipun menjadi perhatiannya. Ia sadar bahwa jika terjadi sesuatu terhadap kebijakan yang dikeluarkannya maka orang pertama yanga akan menanggung akibatnya adalah dirinya. Sehingga seluruh langkah yang akan diambil harus dilakukan dengan teliti dan penuh kehati hatian.

Kelima, Kreatif

Lebih lanjut pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang kreatif dalam menghadapi suatu masalah. Pemimpin kreatif adalah pemimpin yang mampu menghadirkan ide dan terobosan baru dalam menyelesaikan permasalah lembaga. Sebuah kreatifitas akan sangat dibutuhkan dalam menggelorakan semangat dan keoptimisan. Keberadanya ibarat oase ditengah padang pasir. Dengan  kreatifitasnya, seorang pemimpin mampu mencairkan kebekuan yang selama ini tidak terpecahkan. Ia mampu berpikir out of the box dalam mengantarkan lembaga menuju kesuksesan.

Tentu saja sifat kreatif ini harus dibarengi dengan sikap berani. Karena apalah artinya kreatif jika ide dan gagasan tersebut hanya tersimpan dalam pikiran saja. Untuk merealisasikan sebuah kreatifitas diperlukan keberanian. Tentunya keberanian yang sudah diperhitungkan secara matang. Bukan keberanian tanpa perhitungan atau nekad.

Gambar 7 Karakterisitik Pemimpin Ideal

Gambar 7 Karakterisitik Pemimpin Ideal

Ke-enam, Rela Berkorban

Rela berkorban berarti tidak hanya totalitas dalam menjalankan amanah bahkan ia rela mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan lembaga. Rela berkorban ini mudah diucapkan tapi sulit dipraktekan. Terutama ketika lembaga dihadapkan dengan kondisi yang tidak normal. Seorang pemimpin harus berinisiatif tampil pertama kali dalam memberikan contoh pengorbanan  kepada lembaga. Apapun bentuk dan wujudnya pengorbanan tersebut pasti akan semakin mengokohkan dan menginspirasi seluruh anak buahnya. Kemudian secara perlahan tapi pasti merekapun akan berkorban mengikuti jejak pemimpinnya

Hanya orang orang pilihanlah yang mampu melakukannya. Dengan sifat rela berkorban seorang pemimpin tidak hanya mendapat dukungan dari para anggotanya. Tetapi lebih dari itu seorang pemimpin akan dijadikan sebagai uswah atau panutan oleh seluruh anak buahnya.

Ketujuh, Mencintai dan Dicintai

Cinta hadir dalam diri seorang pemimpin ideal dan juga kelompok yang dipimpinnya. Semua bentuk aktifitas seorang pemimpin, idealnya didasari oleh rasa cinta yang penuh ketulusan. Karena dengan cinta akan melahirkan kekuatan dan juga mampu meminimalisir hal-hal buruk. Dengan kekuatan cinta juga mampu menghadirkan cinta serupa. Pelan tapi pasti, para anggota yang dipimpinnyapun akan mampu mencintainya tanpa adanya unsur paksaan sedikitpun. Sehingga bahasa dan bangunan komunikasi yang terjalin antara pemimpin dan anggotanya tidak lain adalah berlandaskan cinta. Dengan cinta akan menyingkirkan rasa saling curiga, dengan cinta akan melahirkan kepercayaan, dengan cinta akan menghasilkan sebuah kekuatan untuk mencapai kesuksesan bersama.

Setelah membaca pemaparan 7 karakteristik pemimpin ideal di atas, selanjutnya mari persiapkan dan bekali diri untuk menjadi pemimpin ideal!

Oleh: Alim Puspianto, M.Kom – Komandan Sakoda Hidayatullah Wilayah Jawa Timur & Dosen Dakwah STAI Luqman Al Hakim Surabaya

Related Articles

Leave a Comment

Pandu Hidayatullah, Lurus Aqidahnya, Mulia Akhlaknya.
Pandu Hidayatullah, Lurus Aqidahnya, Mulia Akhlaknya.