7 Karakteristik Pemimpin Ideal (Pertama)

by admin

Seorang pemimpin bukanlah manusia sempurna namun seorang pemimpin ideal dituntut untuk mengusahakan kesempurnaan demi kemajuan dan kesuksesan organisasi yang dipimpinnya. Keberadaanya menjadi kunci utama, ia laksana lokomotif yang menjadi penggerak sekaligus pengendali  gerbong yang ada di belakangnya. Jika seorang pemimpin memutuskan untuk “berhenti” maka berhentikah seluruh aktivitas di organisasi tersebut. Begitu juga jika ia memutuskan bergerak maka tidak ada pilihan lain bagi seluruh anggota untuk mengikuti di belakangnya.

7 Karakterisitik Pemimpin Ideal

7 Karakterisitik Pemimpin Ideal

Melihat begitu pentingnya kedudukan seorang pemimpin dalam sebuah organisasi maka menjadi keharusan bahwa seorang pemimpin idealnya memiliki kecakapan dan kelebihan khusus. Sehingga dengan kelebihannya tersebut ia mampu melatih dan mengajak orang lain untuk bersama sama meraih tujuan dan cita cita. Pemimpin yang ideal tidak hanya mampu bercerita tetapi ia mampu mewujudkannya di alam realita. Ia selalu bisa menghadirkan semangat dan terobosan terobosan baru terhadap dinamika yang sedang dialami oleh lembaga.

7 Karakter Pemimpin Ideal

Pertanyaannya adalah karakteristik seperti apa yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin ideal? Setelah kami telaah, setidaknya ada 7 karakter utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang ideal. Dengan 7 karakter ini harapannya bisa menjadi bekal dalam menjalankan roda kepemimpinan yang akan diembannya. Adapun 7 karakter yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Urgensi Seorang Pemimpin

Pertama, Jujur

Kejujuran menjadi point utama yang harus dimiliki oleh seorang manusia, lebih lebih bagi seorang pemimpin. Kejujuran ini menjadi modal dasar seseorang dalam membangun basis kepercayaan di mata orang lain. Kejujuran yang ada dalam diri seorang pemimpin akan menjadi ciri khas tersendiri yang akan dijadikan garansi oleh seluruh anggotanya. Pemimpin ideal dengan tingkat kejujuran tinggi akan mendapatkan kepercayaan yang luas. Jika seseorang sudah menyandang predikat sebagai orang yang jujur maka bersama itu juga pasti amanah demi amanah akan datang menghampirinya.

Gambar 7 Karakterisitik Pemimpin Ideal

Gambar 7 Karakterisitik Pemimpin Ideal

Kedua, Dapat Dipercaya

Karakter dapat dipercaya tentunya tidak muncul secara tiba tiba, namun sifat ini muncul dari perjalanan panjang selama seseorang berinteraksi dengan sesamanya. Pemimpin yang dapat dipercaya adalah pemimpin yang mampu menyakinkan dan menentramkan hati semua anggota. Setiap amanah atau tugas yang diberikan kepadanya selalu ia kerjakan dengan sungguh sungguh dan penuh dedikasi tinggi. Ia tidak ingin ada seorangpun yang merasa terkecewakan dengan pekerjaannya. Sehingga ia tempatkan tugas dan amanah lembaga sedemikian rupa, ia tidak mau kepercayaan yang telah diberikan kepadanya tersia siakan begitu saja.

Dengan treck record yang demikian maka seluruh orang akan percaya dan yakin bahwa ia memang orang yang dapat dipercaya. Sehingga dengan kepercayaan tersebut mereka yakin jika ia diberi amanah ia akan melaksanakan dan menyampaikannya kepada orang orang yang memang berhak untuk menerimanya.

Ketiga, Cerdas

Kecerdasan merupakan modal dasar dan termasuk point utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin ideal. Dengan kecerdasan tersebut ia mampu memaksimalkan seluruh potensi yang ia miliki. Baik itu diaspek teoritis maupun diaspek praktek di lapangan. Baik diaspek retorika maupun diaspek realita. Baik diaspek perkataan maupun diaspek tulisan. Karena dengan kecerdasan itulah nanti akan melahirkan langkah langkah dan kebijakan yang strategis. Ia juga mampu membawa diri dan mampu menempatkan orang lain sesuai dengan potensinya. Dalam menjalankan tugasnya, seorang pemimpin yang ideal akan mampu berfikir luwes dan mampu menghadirkan ide-ide segar untuk mengantarkan organisasinya menapaki tangga kesuksesan. (Bersambung)

Oleh: Alim Puspianto, M.Kom – Komandan Sakoda Hidayatullah Wilayah Jawa Timur & Dosen Dakwah STAI Luqman Al Hakim Surabaya

Related Articles

Leave a Comment

Pandu Hidayatullah, Lurus Aqidahnya, Mulia Akhlaknya.
Pandu Hidayatullah, Lurus Aqidahnya, Mulia Akhlaknya.