Pemimpin Visioner

by admin
Pemimpin Visioner

Pemimpin Visioner

Oleh: Alim Puspianto, M.Kom

Seorang pemimpin adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap maju dan tidaknya sebuah lembaga atau organisasi. Jika organisasi diibaratkan sebuah kapal maka pemimpin adalah nahkodanya. Pemimpinlah yang punya otoritas untuk menentukan kemana kapal organisasi akan digerakkan. Oleh sebab itu seorang pemimpin dituntut untuk memiliki kapasitas yang cukup, sebagai bekal menahkodai kapal organisasinya.

Seorang pemimpin harus senantiasa berada di ruang kendali kapal organisasi. Dialah orang yang  paling bertanggung jawab kemana arah laju kapal. Apakah arah pergerakan kapal menuju ke titik tujuan atau malah menjauhinya. Seorang pemimpin jangan sampai ikut campur terlalu jauh masalah teknis dibawah kapal atau dapur organisasi. Pastikan ruang kendali aman dan kapal berlayar ke arah yang semakin mendekati tujuan yang sudah direncanakan.

Begitu urgennya seorang pemimpin dalam sebuah organisasi. Kehadirannya sangat menentukan dan tanpanya organisasi akan hilang arah dan kendali. Maka seorang pemimpin harus visioner yaitu punya pandangan yang luas ke depan, yang mampu mengarahkan organisasi menuju kesuksesan di masa depan. Lalu seperti apa pemimpin yang visioner tersebut ? mari kita ulas sejenak.

Arti Sebuah Visi

Sebelum kita membahas seperti apa pemimpin yang visioner, alangkah lebih bijaknya kita ulas dulu apa sebenarnya visi itu. Banyak pakar yang mendefinisikan arti visi. Secara garis besarnya kita bisa mengatakan visi adalah serangkaian kata yang mengungkapkan impian, cita cita, rencana, harapan sebuah organisasi yang ingin dicapai di masa mendatang. Visi juga bisa diartikan sebagai cara pandang yang menyeluruh dan futuristik terhadap keberadaan organisasi. Kalau orgnasisasi diibaratkan sebuah kapal maka visi adalah tujuan pelayarannya. Adapun pemimpin adalah orang yang memegang navigasi kapal agar pergerakannya mengarah kepada target yang telah ditentukan.

Oleh karena visi adalah tujuan organisasi maka seluruh orang yang terlibat dalam kapal organisasi tersebut harus benar benar paham dengan visi yang dimaksud. Bahkan visi tersebut harus menjadi spirit utama yang mampu memberikan kekuatan ekstra dalam menjalankan organisasi. Karena tak ada mesin penggerak organisasi yang lebih bertenaga dalam meraih keberhasilan di masa depan, kecuali visi yang menarik, berpengaruh, dan realistis.

Menjadi tugas seorang pemimpin untuk memberikan gambaran yang jelas tentang target tujuan pelayaran kepada seluruh penumpang kapal organisasi. Karena pemimpin harus mampu untuk membuka jalan agar suatu visi dapat ditransformasikan menjadi realitas. Pemimpin wajib memastikan bahwa tidak ada satupun elemen dalam organisasi yang melenceng atau bahkan keluar dari jalur visi yang sudah ditentukan. Jangan sampai gara gara ulah satu orang akan menggagalkan target bersama yang sudah ditentukan. Tugas pemimpinlah untuk menyatukan serpihan serpihan kekuatan menjadi kekuatan besar yang berfokus pada kesuksesan organisasi di masa depan. Jangan sampai visi hanya dijadikan sebagai bahan formalitas kelengkapan organisasi saja. Tetapi realitanya visi tersebut tidak dijiwai oleh para anggotanya.

Tak lengkap rasanya kalau kita membicarakan visi tanpa menyingung misi. Visi dan misi bagaikan dua sisi mata uang yang saling terpaut. Kalau visi adalah sebuah target tujuan maka misi bisa kita katakan sebagai jalur atau cara untuk mencapai tujuannya. Misi adalah langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan harapan besar yang terkandung dalam visi. Misi merupakan pedoman dan arahan agar organisasi dapat mencapai target visinya sesuai dengan harapan.

Mampu Membaca Tanda Tanda Zaman

Seorang pemimpin yang visioner adalah seorang pemimpin yang mampu untuk menggerakkan orang ke arah impian bersama. Pemimpin visioner akan mampu membaca tanda tanda zaman. Maksudnya adalah mereka akan senantiasa bisa merubah tantangan zaman menjadi sebuah peluang yang menjanjikan. Tentunya kemampuan tersebut dilandasi dengan sebuah kekuatan semangat penuh keoptimisan dan  cara berpikir yang cerdas, kreatif serta berorientasi pada masa depan. Seorang pemimpin yang visioner adalah mereka yang  selalu mempunyai mimpi besar. Sebuah mimpi yang sudah tergambar dengan terang, seterang matahari menyinari bumi.

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa pemimpin adalah pemimpi (tanpa “n” ) yang sanggup mewujudkan mimpinya menjadi sebuah kenyataan. Sebuah mimpi yang dibangun di alam sadar bukan mimpi yang didapat dari tidur pulas penuh kemalasan. Maka pemimpin visioner adalah seorang pemimpi sejati yang bermimpi disaat terjaga. Ia mampu membangun mimpinnya dengan penuh keoptimisan. Mereka senantiasa sadar akan mimpi besarnya dan berusaha untuk mewujudkannya. Semua kekuatan organisasi atau lembaga baik tenaga, pikiran dan potensi yang ada akan dicurahkan semaksimal mungkin untuk menyuksesannya. Lebih dari itu, apa yang dikerjakan saat ini merupakan persiapan atau sebagai dasar apa yang akan diraihnya minimal 5 tahun kedepan. Pemimpin visioner adalah mereka yang mampu menyelaraskan antara pernyataan dan kenyataan.

Seorang pemimpin visoner adalah pencari alur atau peretas jalan kesuksesan organisasi. Yaitu pemimpin yang mampu mencari dan menemukan arah baru dan menembus kebuntuan dan batas yang menghambat jalannya organisasi. Pemimpin visioner juga merupakan Empowerment atau pemberdayaan. Maksudnya mereka menyadari bahwa aset terbesar dari sebuah organisasi adalah sumber daya manusianya. Maka pemimpin visioner akan berusaha memberdayakan potensi anggotanya dan membuat kemampuan mereka semakin meningkat. Dia tidak hanya berfokus pada diri sendiri (super man) tapi selalu berusaha membuat timnya berdaya (super team).

Apalah jadinya jika seorang pemimpin tidak memiliki pandangan yang visioner dalam menahkodai kapal organisasinya. Sudah bisa dipastikan kapal oragnisasi tersebut akan berjalan tanpa arah. Bahkan bisa jadi organisasi tersebut akan tersesat atau seolah olah berjalan normal padahal realitanya hanya sekedar berputar putar ditempat yang sama.

*Penulis adalah Komandan Sako “Pandu” Hidayatullah Wilayah Jawa Timur

Related Articles

Leave a Comment

Pandu Hidayatullah, Lurus Aqidahnya, Mulia Akhlaknya.
Pandu Hidayatullah, Lurus Aqidahnya, Mulia Akhlaknya.